Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Menjaga kesehatan reproduksi adalah hal yang sangat penting. Apalagi untuk kalian para wanita yang saat ini sedang merencanakan kehamilan. Karena, gangguan yang ada di system reproduksi ini akibatnya bisa sangat fatal. Misalnya seperti memicu gangguan seksual sampai dengan sulit hamil. Sebetulnya, menjaga kesehatan organ reproduksi wanita merupakan hal yang gampang – gampang susah untuk dilakukan. Tapi, untungnya ada beberapa hal mudah yang bisa kalian terapkan di dalam keseharian kalian. Lalu, bagaimana sih caranya? Yuk simak di bawah ini.

1.Hindari Rokok dan Minuman Alkohol

Hindari Rokok dan Minuman Alkohol

Salah satu kebiasaan yang juga bisa mengganggu kesehatan reproduksi adalah rook. Karena, zat yang ada di dalam rokok akan bisa mengurangi jumlah serta kualitas dari sel telur loh. Selain itu, merokok juga terbukti bisa mengganggu kesehatan Rahim. Minuman ebralkohol pun sama. Mereka bisa mempengaruhi kesehatan organ reproduksi wanita karena bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan ovulasi.

2.Jaga Kebersihan

Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan organ reproduksi akan bisa mencegah terjadinya gangguan. Namun, pastikan kalau kalian selalu membersihkan vagina ya, apalagi setelah buang air, cara membersihkannya adalah dengan membasuhnya memakai air dari arah belakang seta depan. Kalau bisa membersihkan dengan benar maka kuman yang mau masuk ke area tersebut akan teratasi dan tidak akan menimbulkan infeksi.

3.Ganti dengan Minyak Zaitun

Ganti dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun punya khasiat dalam menjaga kesehatan system reproduksi wanita. Memakan makanan dengan minyak zaitun ternyata akan bisa menghindari risiko terjadi PCOS atau sebuah gangguan yang dapat menyebabkan seseorang jadi sulit hamil. Sindrok ini adalah sebuah gangguan hormone yang akan menyerang wanita pada usia mereka saar sedang subur. Selain minyak zaitun, kalian juga sebaiknya makan makanan yang lain seperti ikan, tomat, makarel, maupun tuna.

4.Hindari Seks Berisiko

.Hindari Seks Berisiko

Kesehatan system reproduksi juga dapat terganggu diakrenakan adanya perilaku seksual yang berisiko. Kebiasaan mengganti – ganti pasangan serta melakukan hubungan intim tanpa memakai pengaman atau kondom juga harus dihindari. Selain bisa memicu gangguan di system reproduksi wanita, hal ini juga nantinya akan bisa meningkatkan risiko penyakit menular seksual loh.

5.Makanan Sehat

Makanan Sehat

Makan makanan yang sehat serta memiliki gizi yang seimbang juga akan bisa membantu menjaga kesehatan organ reproduksi dari wanita loh. Kalian sebaiknya makan makanan yang punya kandungan protein yang tinggi, antioksidan, mineral, serat, vitamin, serta lemak sehat.

Itulah berbagai kebiasaan yang bisa kaloian lakukan untuk selalu menjaga kesehatan reproduksi wanita. Hal ini tentu sangat penting untuk diperhatikan dan harus kalian lakukan ya. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi para wanita yang saat ini sedang merencanakan kehamilan dalam waktu dekat ini.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas